by

Sebelum Kredit Mobil Bekas Atau Baru Pertimbangkan Dulu Hal Ini..!!

Kredit Mobil Bekas – Memiliki mobil pribadi kerap menjadi impian semua orang. Berbeda dengan angkutan umum, mobil memiliki fungsi sebagai alat transportasi pribadi yang menawarkan kenyamanan, kemudahan dan keamanan. Hanya saja, membeli sebuah mobil baru tidaklah murah. Setiap jenis mobil, tipe dan tahun produksi memiliki harga yang berbeda-beda.

Bahkan harga mobil dipastikan mengalami kenaikan setiap tahunnya. Secara umum, naik turunnya harga mobil baru dipengaruhi faktor-faktor eksternal antara lain nilai tukar mata uang rupiah terhadap mata uang asing, biaya produksi dan inflasi.

Apabila Anda tertarik untuk membeli mobil baru tetapi belum memiliki sejumlah dana yang cukup untuk membeli sebuah mobil baru secara tunai. Tidak perlu khawatir, Anda bisa mempertimbangkan untuk kredit mobil.

Tentang Kredit Mobil Baru

Apa Itu Kredit Mobil?

Mobil Apa Saja yang Bisa Dikredit?

Apa Saja Syarat untuk Mengajukan Kredit Mobil?

Berapa Besar Uang Muka yang Harus Dipersiapkan untuk Kredit Mobil?

Mobil Jenis Apa Saja yang Bisa Dibeli dengan Kredit?

Dokumen Apa Saja yang Harus Dipersiapkan untuk Mengajukan Kredit Mobil?

Jenis Suku Bunga Apa yang Dikenakan pada Kredit Mobil?

Apa Keuntungan dari Pembelian Mobil Secara Kredit?

Bagaimana Cara Menghitung Cicilan Kredit Mobil?

Bagaimana Proses Pengajuan Kredit Mobil?

Bagaimana Metode Pembayaran Cicilan Kredit Mobil?

Kapan Plat Nomor dan STNK Bisa Diterima Setelah Mobil yang Dibeli Datang?

Bila Pengajuan Kredit Mobil Dilakukan Sekarang Apakah Tanggal Pengiriman Mobil Bisa Diatur untuk Bulan Depan?

Jenis Asuransi Apa Saja yang Akan Dapatkan Jika Melakukan Kredit Mobil?

Adakah Biaya Lain yang Harus Dibayarkan Selain Uang Muka?

Istilah-Istilah dalam Kredit Mobil

Pembelian mobil secara kredit dapat menjadi alternatif cara yang tepat. Upayakan kredit mobil tidak mengganggu kondisi keuangan Anda. Simak ulasan dan tips jitu yang harus Anda lakukan sebelum kredit mobil baru:

1. Ketahui Kebutuhan Anda

Hal pertama yang wajib untuk anda ketahui adalah mengenai kebutuhan Anda akan sebuah mobil itu sendiri. Ketahui dengan jelas, apa tujuan Anda membeli mobil dan jenis mobil yang dibutuhkan? Membeli sebuah mobil di luar kebutuhan bisa berakibat fatal dan tidak bermanfaat.

kredit mobil bekas

Sebagai contoh, ketika Anda telah berkeluarga dan memiliki dua orang anak, dan Anda berniat membeli mobil pertama. Tentunya, akan sangat tepat jika Anda memilih sebuah mobil keluarga demi kenyamanan keluarga ketimbang membeli mobil sport.  

Tips: Sebelum membeli mobil, pertimbangkan tujuan dan jenis mobil yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Jika Anda sudah berkeluarga, berdiskusilah untuk menentukan jenis mobil yang sesuai dengan kebutuhan bersama.

Sebaliknya, jika Anda belum berkeluarga, maka tentukan dengan bijak jenis mobil yang bisa mengakomodasi segala kebutuhan. Pikirkan dengan bijak, seperti apa tipe mobil yang dibutuhkan, bukan diinginkan.

2. Cek Kondisi Keuangan

Sebelum membeli mobil dengan cara kredit, ketahui dengan jelas tentang kemampuan keuangan Anda. Cek keuangan Anda dengan cara sederhana. Sebagai contoh, catat berapa penghasilan Anda per bulan, jumlah uang muka kredit mobil, dan kira-kira berapa nilai cicilan yang sanggup Anda bayarkan per bulannya.

Cek kondisi keuangan diperlukan agar Anda tidak terjebak kredit macet nantinya. Tanyakan ke diri sendiri, siapkah Anda memiliki sejumlah hutang yang harus dibayarkan secara rutin setiap bulannya untuk kurun waktu yang cukup panjang.

Tips: Hitung dengan baik kemampuan keuangan Anda sebelum membeli mobil dengan cara kredit. Pastikan Anda memiliki sejumlah dana yang mencukupi untuk membayar uang muka (down payment/ DP) kredit mobil, yakni sejumlah 25-30% dari total harga mobil yang akan anda beli.

Besarnya uang muka akan menentukan besaran cicilan per bulan. Bijaklah mengatur uang Anda saat mencicil. Ingat, semakin besar uang muka, maka semakin kecil cicilan Anda. Semakin lama tenor pinjaman, semakin kecil cicilan Anda juga. Serta semakin kecil bunga, maka semakin kecil cicilan Anda.

3. Lakukan Simulasi Kredit

Simulasi kredit diperlukan agar Anda memiliki gambaran sederhana untuk melihat kemampuan keuangan Anda membayar cicilan mobil nantinya. Ada banyak penyedia jasa keuangan yang memberikan layanan simulasi gratis secara online di website mereka.

Jika Anda kurang yakin atau tidak mampu untuk melakukan simulasi kredit secara mandiri, Anda bisa datang secara langsung di kantor leasing atau dealer mobil pilihan Anda dan melakukan simulasi kredit di sana.

Tips: Lakukan simulasi kredit untuk menentukan cicilan dan tenor kredit yang sesuai dengan kemampuan keuangan Anda. Hindari memaksakan sejumlah cicilan bulanan yang besar dan jauh di luar kemampuan keuangan.

Hindari pula mengambil sejumlah cicilan bulanan yang terlalu kecil karena jumlah bunga hutang yang akan Anda bayarkan bisa semakin besar. Pilih jumlah cicilan yang tepat bagi keuangan Anda, cicilan yang tidak terlalu besar dan tidak membebani keuangan.

Selain itu, lakukan pula perbandingan harga serta program kredit mobil dari beberapa perusahaan leasing atau dealer mobil untuk mendapatkan mobil dengan harga dan cicilan terbaik. Jangan terburu-buru menjatuhkan pilihan kredit tanpa ada pertimbangan dan perbandingan terlebih dahulu.

4. Pertimbangkan Biaya lainnya

Ada beberapa komponen biaya-biaya lainnya terkait memiliki mobil pribadi yang patut diketahui untuk bahan pertimbangan Anda. Biaya lain-lain ini meliputi biaya bensin selama sebulan, biaya parkir di tempat kerja, biaya parkir di rumah (jika anda tidak memiliki garasi/carport sendiri), biaya pajak STNK tahunan, biaya tol, biaya perawatan rutin kendaraan dan juga biaya yang lainnya.

Tips: Tanyakan kepada diri Anda sendiri, siapkah Anda untuk mengeluarkan sejumlah uang untuk biaya-biaya tersebut setelah Anda membeli mobil? Komponen biaya tersebut akan menjadi pengeluaran tetap di catatan keuangan Anda.

Jadi, jangan sepelekan nilai biaya-biaya lain yang terlihat kecil/remeh itu. Tapi jika di total keseluruhan, biayanya bisa menjadi cukup besar dan di luar dugaan hitungan Anda sebelumnya.  

5. Temukan Leasing yang Tepat

Lakukan perbandingan antara satu leasing dengan leasing lainnya untuk menemukan satu leasing dengan layanan terbaik untuk pembelian yang akan Anda lakukan. Ada banyak sekali leasing yang menyediakan layanan kredit mobil, jangan terburu-buru menentukan pilihan.

Tips: Jadilah pembeli yang cerdas. Saat Anda akan melakukan perbandingan mencari tempat leasing mobil, pertimbangkan hal-hal seperti berikut ini, proses dan persyaratan pengajuan, bunga hutang yang akan dibebankan, kemudahan pembayaran, perlindungan asuransi, proses pengambilan BPKB (jika telah lunas).

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed